Thursday 26 December 2013

Berkreasi Dengan Inkscape


Berhubung saya bingung mau posting apa, sekarang mari kita berkreasi dengan inkscape. Lihat gambar di atas. Bagimana cara membuat objek seperti di atas menggunakan inkscape. Untuk membuatnya sebenarnya cara yang di gunakan cukup sederhana. Namun, kurangnya eksplorasi terhadap fitur fitur di Inkscape, kadang membuat kita kurang tahu bagaimana cara membuatnya. Terlebih lagi hasilnya yang juga terlihat rumit dengan lubang lubang seperti  itu.
Nah sekrang mari kita mulai mebuat
1.       Sebagai langakah awal, buat objek oval  dengan tool create circle ble bla.. bla.. bla...

2.       Setlah itu masuk ke menu object, pilih Transform. Bisa jug dengan menekan tombol kombinasi Ctrl+Shift+M



3.       Masuk ke Rotate dan tulis Angle sesuai keinginan kalian. Besar dari sudut akan mempengaruhi hasil akhir. Disini saya menggunakan anggle 15 derajat.


4.       Setelah itu klik pada object lalu tekan tombol Ctrl+d lalu klik apply . Sehingg menjadi seperti ini.


5.       Tekan Ctrl + d lagi dan klik apply. Lakukan hal ini secara terus menerus hingga menjadi seperti ini.

6.       Setelah itu, blok semua objek

7.       Setelah ini masuk ke menu path lalu pilih combine

8.       Tara....objek pun  jadi . Kalian bisa menggunakan objek dasar yang berbeda tergantung kreatifitas kalian. Selain itu beda sudut kan beda hasil jadi silahkan dicoba berbagai sudut hingga menjadi objek yang di inginkan. Berikut adalah hasil akhir yang dibuat dengan sudut 30 derajat

Dan berikut adalah hasil akhir dengan  objek yang berbeda

Jadi semua tergantung kreatifitas kalian dalam memilih objek dasar dan besar susut yang tepat sehingga terbentuk objek yang  bagus.
Untuk kalian yang belum mencoba silahkan kalian coba untuk menambah pengalaman siapa tau suatu saat nanti diperlukan.
Kalu begitu, cukup sekian untuk postingan kali ini semoga bermanfaat. Apabila ada hal yang perlu ditanyaka silahkan tulis di kolom komentar dan sebisa mungkin saya akan membalas komentar kalian. Apabila ada kesalah dalam tulisan ataupun bahasa  mohon dimaafkan. Terima kasih telah berkunjung , semoga hari kalian selalu menyenangkan dan sukses selalu untuk kalian semua.

No comments:

Post a Comment